Ayo Berlibur Ke Pusat Penangkaran Penyu Di Pesisir Selatan

gerbang penangkaran penyu

Pulau penyu, Anda tidak perlu membayangkan sebuah pulau di tengah samudera. Pulau penyu yang menjadi pusat penangkaran penyu ini mudah dijangkau, jaraknyapun hanya selemparan batu dari tepi pantai

Berlokasi di Ampiang Parak, Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat sekitar 200 Meter dari jalan nasional bagian barat. Dipisahkan sebuah muara non aktif diseberangnya, sejauh mata memandang tumbuh rimbun cemara laut berjejer rapi untuk penahan abrasi pantai. Disanalah lokasi pulau kecil pusat penangkaran penyu yang dikelola oleh kelompok yang bernama laskar peduli lingkungan hidup.

Menurut Ketua Kelompok Laskar Peduli Lingkungan Haridman Kambang, yang mengelola hamparan pantai tersebut, menyebutkan sejak cemara penahan abrasi pantai tersebut tumbuh dan mulai rindang, masyarakat mulai ramai melihat dan berwisata ketempat tersebut.

baliho informasi jenis penyu

Penyu pun sudah sering bertelur, dan kemudian kami lokalisasi tempat penetasannya, sehingga secara periodik bisa didata jumlah tukik yang lepas kelaut bebas papar ketua penangkar pulau penyu. Masyarakat pengunjung memang difasilitasi untuk bisa menyaksikan hewan konservasi ini, menurutnya itu bagian dari upaya sosialisasi dan edukasi sehingga masyarakat memiliki pengetahuan terhadap sumberdaya kelautan disamping penyu yang sudah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi.

Juga mengedukasi masyarakat terutama kaum muda untuk peduli pada lingkungan, dan betapa pentingnya upaya pelestarian vegetasi laut seperti mangrove” tukuk jurnalis Harian Haluan tersebut.Untuk sampai kolasi pengunjung diantar menggunakan fasilitas penyebrangan yang disediakan secara cuma-cuma.

Semua fasilitas bangunan, umbul-umbul, baliho termasuk perahu penyebrangan semua merupakan hibah atau bantuan dari instansi perikanan dan kelautan, mulai dari kementerian, BPSBL Sumbar, DKP Provinsi, DKP Pessel dan komunitas peduli lingkungan baik dalam maupun luar negeri” ujar Haridman.

Pada Hari Sabtu dan Minggu atau pada senja hari, lokasi mendadak ramai. Bahkan kelompok agak kewalahan untuk menyebrangkan penumpang, mengingat kapasitas perahu yang terbatas.

penegenalan cinta lingkungan usia dini di penagkaran penyu

“Perahu kita hanya mampu mengangkut 30-an penumpang pulang dan pergi, untuk sekali trip durasinya bisa 20 menit, sehingga memang penumpukan penumpang didermaga acap terjadi” imbuhnya.

Sejumlah pengunjung yang datang ke Pulau Penyu saat ditanya mengaku puas, bahkan ada yang sudah berulang kali datang.

“Saya jika ada agenda ke wilayah bagian Selatan selalu mampir walau sebentar, untuk sekedar melepas penat” ujar seorang pengunjung yang enggan disebut namanya sembari menyeruput es kelapa muda.

Salah satu keunggulan lokasi ini disamping dekat dari akses transportasi juga ketersediaan kuliner juga cukup memadai untuk sekedar melepas lelah haus dan lapar, ada minuman es kelapa muda dan sup kepiting citarasa lokal yang sangat enak sekali, kami telah mencobanya ketika dijamu oleh ketua laskar Haridman.

Tunggu apalagi, Ayo berlibur kesini, ajak keluarga dan orang-orang dekat anda!

Ket :

  • Untuk masuk ke lokasi tidak dipungut bayaran alias gratis
  • bagi anda yang berminat untuk mengadopsi atau melepas tukik akan difasilitasi dan disediakan sertifikat, silahkan hubungi ketua laskar

    masyarakat pengunjung pusat penangkaran penyu
    masyarakat pengunjung pusat penangkaran penyu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *